;

hits4pay

Tekhnologi This would be a description of the content your users are sharing

Thursday, October 20, 2011

Setting Modem Dial-up GPRS Kartu IM3

Indosat
Dunia Internetsaat ini sudah menjadi bagian dari gayahidup masyarakat dunia, tidak terkecuali masyarakat Indonesia.Bahkan bagi sebagian orang, jagad maya yang satu ini tidak terpisahkan dariaktivitas sehari-hari. Belum lagi aksesnya dipermudah dengan adanya dukunganinfrastruktur jaringan komputer yang bisa dibilang memadai, baik daripemerintah maupun dari beberapa elemen masyarakat yang kemudian muncul istilahtrend baru berlanganan internet yang disebut dengan istilah RT-RW net. Salahsatu yang bisa dikaitkan dengan kemudahanakses internet ini adalah kebisaan koneksi internet hanyadengan menggunakan gabungan dua perangkat elektronik, yaitu laptop dan telepon seluler(handphone), di mana keduanya merupakan perangkat bergerak(mobile gadget). Dengan berbekal dua perangkat ini, orang sudah dapatmenjelejahi jagad maya kapan pun dan di mana pun dia mau. Nah, Artikel inimembahas mengenai bagaimana melakukan konfigurasi dua perangkat ini hinggamampu melakukan koneksi internet. Konfigurasi ini juga bisa dilakukan padakomputer desktop rumahan, sehingga koneksi internet juga bisa dilakukan dirumah-rumah menurut kebutuhan tanpa harus abonemen tiap bulan. Artikel inidibatasi dengan konfigurasi menggunakan kartu GSM prabayar jenis IM3 milikIndosat.


Adapun kebutuhan perangkat keras agar dapat terhubunginternet adalah:
  1. Laptop/komputer multimedia yang terdapat port sambungan dengan perangkat handphone, bisa berupa port USB (jika handphone yang dimiliki dilengkapi dengan kabel data USB), infra red, atau bluetooth.
  2. Handphone (HP) yang dilengkapi dengan:
  • perangkat koneksi, seperti kabel data, infra red atau bluetooth (untuk perangkat koneksi ini masing-masing saling menggantikan, dengan kata lain, pilih salah satu saja).
  • modem GPRS.
Nah, jika syarat kebutuhan perangkat keras di atas sudahterpenuhi, kita mulai dengan setting modem. Setting modem untuk akses internetvia GPRS kartu GSM IM3 bisa dibilang relatif mudah. Mudah bagi yang sudahterbiasa dengan dunia komputer dan jaringan, namun akan terasa susah bagi yangbaru pertama kali mencoba. Tapi jangan khawatir, artikel ini saya tujukan untukorang paling awam sekalipun.
Sebelum melakukan apa yang tertulis di artikel ini,diasumsikan sambungan GPRS di handphone sudah aktif. Sebab settingan sambunganGPRS ini berbeda-beda untuk setiap tipe handphone. Untuk beberapa tipehandphone, sambungan ini otomatis aktif begitu kartu IM3 aktif. Jika belumaktif, Anda bisa membaca buku petunjuk (manual) dari handphone Anda atau berkonsultasidengan costumer service Indosat (hubungi nomor 300 atau datang langsung kegaleri Indosat).
Asumsi GPRS di kartu IM3 Anda sudah aktif, untuk menjadikan handphonesebagai modem dialup langkah-langkahnya sebagai berikut :
1. Hubungkanhandphone dengan laptop/komputer.
Hubungkan handphone dan komputer menggunakan kabel data,infrared, atau bluetooth. Dalam kasus ini saya menghubungkan handphone Nokia6230i dengan laptop.
2. Installaplikasi bawaan dari handphone Anda, seperti PC Suite milik Nokia atau SonyEricsson.
Install PC Suite di laptop atau komputer yang hendakdihubungkan dengan handphone. Bila tidak punya software tersebut bisa downloaddi www.nokia.com (untuktipe Nokia). PC Suite ini mendukung beragam jenis koneksi: kabel data,bluetooth, infrared, dll.
3. MengecekModem (apakah sudah terinstal).
Langkah selanjutnya setting modem dial-up. Jika PC Suitesudah terinstal dan handphone anda sudah terdeteksi dengan baik oleh PC Suiteberarti modem dapat kita setting. Cara mengecek apakah handphone sudahterdekteksi adalah dengan cara:
klikkanan ikon ”My Computer” » properties» tab ”hardware”» device manager.Cek di bagian ”modems” apakah sudah terdapat: ”Nokia 6230i USB Modem”.Cek kinerja modem apakah bekerja dengan baik, dengan cara klik kanan ”Nokia6230i USB Modem” » properties,di bagian ”diagnostics” tekan tombol ”query modem”. Diagnosticakan berlangsung beberapa saat, hasilnya kita bisa lihat di kolom.
Jika modem belum terdeteksi coba cek kabel, atau installsoftware PC Suitenya lagi, atau baca buku petunjuk handphone.
4. Settingnomor dial, user name dan password.
Jikamodem GPRS telah terdeteksi, langkah berikutnya adalah setting nomor dial, username dan password. Tiga komponen ini diperlukan untuk men-dial internet viaserver Indosat.
Untuk kartu IM3 ini,
    • nomor dial: *99***1#
    • user name: gprs
    • password: im3
Untukmensettingnya,
kliktombol Start » AllPrograms » Accessories» Communications » “New Connection Wizards”.
Akanmuncul tampilan “New Connection Wizards”. Klik Next » pilih “Connect to the Internet” » Next » pilih “Set up my connectionmanually” »Next » pilih “Connectusing a dialup modem” »Next » pilih “Nokia6230i USB Modem” »Next » masukkan ISP name(dapat diisi apa pun, terserah Anda) » Next » masukkannomor dialnya »Next » masukkan user namedan paswordnya »Next » centang “Add ashortcut to this connection to my desktop” (bila ingin membuat shortcut didesktop) » Finish.Setting selesai.
Jikalangkah-langkah di atas telah dijalankan, klik dua kali shortcut dial-up didesktop tadi. Proses dial berjalan, Opening port… Dialing *99***1#… Verifiyinguser name and password..Registering your computer to the network… Autenthicated.
Bila berhasil tersambung maka akan muncul gambar monitordi systray di samping penunjuk jam komputer Anda. Selamat berselancar!
Troubleshooting
Pada kondisi dan jenis handphone tertentu kadang-kadangmuncul pesan error pada saat melakukan proses dial. Berikut ini pesanerror yang terjadi dan cara menanganinya:
-error 734: The ppplink control protocol has terminated
Jika ini terjadi, Anda belum bisa koneksi ke jaringan.Hal ini terjadi karena kita belum menambahkan parameter ke modem. Tambahkanbaris perintah: AT+CGDCONT=1, “IP”, “www.indosat-m3.net”. Caranya, klik kananMy Computer » properties » tab ”Hardware” » Device Manager » Modems »Nokia 6230i USB Modem. klik kanan » properties » di bagian Advanced - ExtraSettings, masukkan baris perintah di situ » OK. Coba dial sekali lagi.
-error 687: Theremote computer did not respond.
Jika ini terjadi, restart handphone Anda dan/atau installulang PC Suite di komputer Anda. Pastikan menggunakan PC Suite versi terbaru.
-error 797: Aconnection to the remote computer could not be established because the modemwas not found or was busy.
Jika ini terjadi, berarti ada masalah dengan koneksimodem Anda. Coba cabut kabel dan pasang kembali.

No comments: