;

hits4pay

Tekhnologi This would be a description of the content your users are sharing

Thursday, October 20, 2011

PENGERTIAN MAKHLUK HIDUP

Arti hidup dalam islamdapat diambil dari kata hayat yang berasal dari kata hidayah yang berartihidup. Hidup bagai mahluk ALLAH pada dasarnya bermula dari air firmannya (SURATAL – ANBIYA, ayat 30)
Yang Artinya : Dan apakah orang- orang kfir tidak tahu bahwasannya langit danbumi iu keduanya dahulu adalah suatu yang padu, kemudian kami pisahkan antarakedua – duanya. Dan dari pada air kami jadikan segala sesuatu yang hidup. Makamengapakah mereka juga tidak beriman.
Selanjutnya ALLAHmenciptakan dari tanah yang kemudian dihiirupkan ruh kepadanya. Untuk manusiahayat (hidup) berarti bahwa manusia itu memiliki ruh yang ditiup kedalamnyaoleh ALLAH SWT dan yang setiap saat dapat dikeluarkan darinya (mati). Indicatorhayat (hidup) ialah gerak. Gerak pada diri manusia merupakan respon terhadapsuatu rangsangan.
2. TEMPAT HIDUP
Pada umumnya tempathidup adalah Alam semesta sedangkan bagi manusia tempat hidup dapat dapatdibagi kedalam :
1. Rahim ibu , yaitu pada saat oreng terjadi dari keadaan pertama sampaidilahirkan
2. Alam dunia,yaitu setelah manusia lahir sampai dia mati
3. Alam Barzah, yaitu setelah manusia mati ( ruh meninggalkan jasad) ia beradadalam alam tertentu didalam alam barzah sebelum kebangkitan pada hari kiamat
4. Alam Akhirat, yaitu setelah masa kebangkian kembalai pada hari kiamat, masahisab dan masa pembalasan

Adapun makhluk hidupantara lain terdiri dari : manusia, jin, malaikat, setan, huwan, dan tumbuh –tumbuhan dan benda alam. Berbeda dengan makhluk lain manusia memiliki tujuanhidup yang ditetapkan lebih terperinci oleh ALLAH SWT didalam suatu pedomanhidup.
B.JENIS ALAM NABATI,HEWNI, DAN INSANI
1.JENIS ALAM NABATI
Alam nabati (tumbuhan) yang ada di sekeliling kia dalam persada bumi yangprodukif, disediakan ALLAH bagi sarana kehidupan manusia dan makhluk hjiduplainnya. Firman ALLAH :
Surat Al-Hijr, Ayat 19
Yang artinya : Dan kami telah menghamparkan bumi dan menjadikan padanyagunung-gunung dan kami tumbuhkan padanya sesuatu menurut ukuran.
Proses terjadinyatumbuhan yang bermacam-macam bentuk dan jenisnya itu antara lain :
Pertama : Awan mendungyang berasal dari uap, diterbangkan angin, kemudian turn sebagai hujan yangmenghidupkan tumbuh-tumbuhan.
Kedua : Tiupan angina tersebut dapat memindahkan bibit tumbuh-tumbuhan yangjantan ke yang betina, lalu menjadi buah.
Ketiga : Tiupan angina dapat menggoyangkan pohon-pohon bagaikan olah ragabaginya, menghilangkan debu-debunya yang melekat pada daun-daunnya,pori-porinya pun terbuka, maka mudahlah ia menghisap makanannya. Firman ALLAH :
Quran, Surat Al-Hajr, ayat 21-22 :
Yang artinya : dan tidakada suatupun yang ada pada sisi kami-lah khazanahnya, dan kami tedakmenurunkannya dengan ukuran yang tertentu. Dan kami telah meniupkan anginauntuk mengawinkannya (tumbuh-tumbuhan) dan kami turunkan hujan dari langit,lalu kami beri minum kamu dengan air itu, dan sekali-kali bukanlah kamu yangmenyimpannya.
Adapun jenis alamnabati, tiap negeri berbeda-beda sesuai iklim dan leak geografisnya. NegriIndonesia yang serumpun dengan negrinya akan banyak persamaannya, tetapi dinegri timur tengah dan europa misalnya, banyak pepohonan yang tidak ada diIndonesia, seperti : Tin, zaitun , korma, anggur, dan buah-buahan lainnya. Halini di jelaskan dalam Al-Quran, Surat, An-Nahl ayat 10-11
Yang artinya : dial ahyang telah menurunkan air hujan dari langt untuk kamu, sebahagiannya menjadiminum dan sebahagiannya (menyubur) tumbuh-tumbuhan, yang pada ( tempattumbuhnya) kamu mengembalakan ternakmu. Dia menumbuhkan bagi kamu dengan airhujan itu tanam-tanaman zaiun, korma, anggur, dan segala macam buah-buahan.Sesungghuhnya pada yang demikaian itu benar-benar ada tanda (kekuasaan ALLAH)bagi kaum yang memikirkan.
2. ALAM HEWANI
Demikian pula alamhewani yang sengaja diciptakan oleh ALLAH demi kepentingan manusia dan manusiadapat belajar dari hewan-hewan tersebut.
Jinis alam hewani yang hidup di hutan-hutan atau pegunungan yang sifatnya masihliar, juga banyak yang hidup dalam pemeliharaan manusia dan masuk dalamkatagori hewan jinak atau hewan pliharaan. Pula hewan yang terbang di angkasadengan sayapnya, namun kesemuanya itu adalah jenis-jenis makhluk hidup yangbanyak persamannya dengan manusia.
Maksud banyak persamaannya dengan manusia, karena hewan tersebut sama merasakanlapar, haus, berkelamin, hidup berkelompok dan sebagainya seperti kehidupanmakhluk manusia. Firman ALLAH : Quran, Surat Al-An’am, ayat 38
Yang artinya : dantiadalah binatang-binatang yang ada di bumi dan burung-burung yang terbangdengan kedua sayap-sayapnya melainkan umat-umat (juga) seperti kamu. Tiadalahkami alpakan didalam sesuatupun didalam Al-kitab, kemudian kepada Tuhanlahmereka dihimpukan.
3. ALAM INSANI
Kata insane berasal daribahasa arab yang berarti manusia. Insane adalah bentuk murfad dari kata An-Nas,artinya : ramah, mesra, berpuas hati. Dari Hadits Rasulullah SWT kita akanmengetahui sifat insan, yang sering liupa dan salah, sehingga manusiadibebaskan dari hukum apabila ia melukukan pelanggaran karena tidak sengaja dankarena lupa.
Alam insani berbeda sekali dengan alam hewani dan makhluk lainnya dikurun duniaini. Perbedaan-perbedaan ni terletak pada keadaan, kejadian danpenghidupannya.adapun yang menjadi pokok keutanaan kehidupannya ialah :
a. Diturunkannya agama
b. Memiliki akal
c. Jiwanya
d. Hartanya, dan
e. Keturunannya
Apabila kelima pokok keutamaan hidupnya itu terpelihara dengan baik, niscayaakan berbahagia dan sempurna sifat keinsanannya.
Bagi alam hewani tidak terdapat kelima pokok keutamaan hidup itu, karenanyatidak ada hidup bagi mereka keteraturan hidupnya. Mereka tidak mengenal hukumatau undang-undang yang harus dipatuhi oleh mereka, yang ada hanyapengelompokan diantara bangsanya yang sejenis binatang buas menerkam binatangjinak yang lemah, sudah jadi kebiasaan di antara mereka.
Abu Musa Al-Asy’ari,melukiskan bahwa kehidupan insani adalah kekal, hanya dipindah-pindah.Mula-mula hidup di qurun dunia dengan sebab dilahirkan dari perut ibunya,kemudian dipindahkan kealam Barzah dan akhirnya dibangkikan dari alam Barzahkemudian dipindahkan ke qurun akhirat untuk diadili dan diminta pertanggungjawabannya waktu hidup dikurun manusia untukj mendapat balasan baik yaitu surgadan amaln yang buruk akan mendapat balan neraka. Proses kehidupan insan(manusia) dijelaskan oleh firman ALLAH SWT, Quran, Surat Al-Qiyamah, ayat 36-40
Yang artinya : apakahmanusia mengira, bahwa ia akan dibiarkan begitu saja (tanpa pertanggunganjawab) ? bukankah dia dahulu setetes mani yang ditumpukan (kedalam rahim) ?kemudian mani itu berugah menjadi segumpal darah, lalu ALLAH menciptakannya,dan menyempurnakannya. Bukankah (ALLAH yang berbuat) demikian berkuasa (pula)menghidupkan orang mati ?
C.KEHIDUPAN DIALAMBARZAH, AKHIRAT, SURGA, DAN NERAKA
1.PENGERTIAN BARZAH
Bazah ialah dinding yang membatasi antara dua barang. Waktu sejak mati bsampaiberbangkit merupakan dinding yang dibatasi antara dunia dan akhirat, diistilahkan Barzah. Barzah adalah tempat pemberhentian arwah orang-orang yang elah matisebelum dibangkitkan oleh Tuhan dalam bentuk yang baru, disitu roh menungguakhirat, sedangkan sedangkan akhirr yang sesungguhnya dimulai dengan kiamat.Dalam hal ini tuhan menjelaskan sebagai brikut :
Quran, Surat Al-Mukminun ayat 99-100
Yang artinya :(emikianlah keadaan orang-orang yang kefit itu), hingga apabilka datangkematian kepada seseorang dari mereka, dia berkata : ya Tuhanku kembalikanlahaku (kedunia) agar aku berbuat amal yang soleh terhadap terhadap yang akutinggalkan. Sekali-sekali idak, sesungguhnya itu adalah perkataan yang diucapkannya saja. Dan dihadapanya ada dinding sampai hari mereka dibangkitnkan.
Qurun menunggu setelahmanusia mati, dubuat juga kubur. Dalam ayat berikut, ternyata alam barzah dankubur identik. Jelaslah bagi kita bahwa kadaan kubur dan keadaan Barzh itusama. Pengertian kuburan dalam percakapan sehari-hari, ialah tempat menyimpanjenazah dalam tanah, tempat istirahat terakhir didunia. Tetapi kadang-kadangada jenazah yang idak dikubur, seperti orang yang mati dilaut, mati dimakanbinatang, mati terbakar, dan sebagainya, dalamj hal ini jasmaninya memang tidakdikubur , tetapi rohnya berada dialam Barzah.
2 SURGA DAN NERAKA
Surga berasal dari bahasa sangsekerta yaitu SWARGA yaitu kayangan atau inderaatau keinderaan yang dikepalai oleh batara indera. Didalam Al-Quran menggunakankata FIRDAUS dan JANNAH. Kata FIRDAUS disebut dua kal I : Quran, Surat Al-Kahfiayat 107
Yang artinya : sesungguhnya orang-orang yang beriman dan beramal saleh, bagimereka adalah surga firdaus menjadi tempat tinggal.
Quran, Surat Al-Mukminunayat 11
Yang artinya : (Yakni) yakni yang akan mewarisi surga firdaus menjadi tempattinggal.
Tetapi umumnya dipakaikata JANNAH. Akar kata JANNAH ialah JANN, artinya menyembunyikan sesuatusedemikian rupa, sehingga tak tertangkap oleh indra pengartian harfiahjannahialah taman (permukaan tanahnya tertutup uleh pepohonan. Aturanmampergunakan kata itu untuk menunjukan pengertian yang dalam bahwa keberkaaan(bahagia) tatu salam (selamat) yang dikandungnya tidakterangkap oleh pancaindra yang materil (secara lahir).
Jannah itu biasanya dilukiskan dengan sungai-sungai yang mengalir didalamnya.Ayat ini bersifat Mutasyabihat, yang mempunyai arti kiasan. Orang yang berfikirkritis rasional akan gonang kepercayaannya pada jannah. Dianggapnya jannah yangada didunia akhirat seperti diduniawi. Apa yang ada atau yang akan terjadidalam jannah nanti, tersembunyi dari penglihatan panca indra manusia yangmaterial yang berfungsi dalam kehidupan manusaiawi.kehidupan akhirat yangronhaninya berbeda mutlak dari kehidupan manusia. Sesungguhnya kehidupan diakhirat tidak ada akuevalinnya dangan segala sesuatu didunia ini.
Nerakapun sapewrti, kata surga berasal dari bahsa sangsekerta. Neraka adalahlawan surga yaitu terpa orang yang berdosa sabagai hukuman diakhirat. DalamAl-Quran neraka disebut dengan tujuh nama yang berbeda yaitu :
a. Jahannam, akarkatanya sama dengan Jahinnam yang berarti, kedalam yang menghunjam.
b. Haawiyah, disebut satu kali dalam Quran, Surat Al-Qaari’ah ayat 9
Yang artinya : maka tempat kembalinya adalah neraka Hawiyah.
c. Jahiim, dijabarkan dari Jahm yang artinya terik matahari yang membakar ataunyala api
d. Saqar, berasal dari Saqara, berarti terik matahari yang membakar
e. Sa’ir dan Nar yaitu nyala api dan api
f. Laza, artinya nyala api
g. Hutama, disebut dalam Quran, Surat Al-Humazah ayat 4-5
Yanf artinya : sekali-kali tidak ! sasungguhnya dia akan bernar-benar dilemparkedalam huthamah. Dan tahukah engkau apa itu huhamah ?
Kata huhamah dijabarkan dari Hatam yang berarti api yang sangat panas
Surga dihubungkan dengankeaadan yang meningkat tinggi, sedangkan neraka dihubungkan dengan kejatuhankedalam lubang yang sangat dalam. Surga dan neraka tidak lain adalah akibatlaku perbuatan manusia. Apa yang dinikmati dalam surga atau apa yang di rasakandineraka, tertutup bagi pandangan aau pengetahuan kita sekarang dan baru akanterbuka pada hari kiamat. Manusia pada hari kiamat akan mempersaksikan semuaakibat laku perbuatannya yang ketika hidup di qurun dunia. Siksaan batin dankedudukan jiwa yang waktu hidupnya tidak begitu dihiraukan, akan menjadikenyataan dalam bentuk kehidupan diakhirat. Bentuk yang nyaa itu api dan apiitu diakibatkan oleh hawa nafsu yang tak kenal batas. Penyelesaian terhadapmasalah yang tidak kenal batas itu dinyatakan pula dengan api. Api atau nerakaadalah akibat dari kejahatan masing-masing pribadi manusia yang berbuat burukyang selalu hanya mengikuti kehendak hawanafsu.

No comments: